Rabu, 16 Desember 2009

Emile Durkheim


 Dalam pandangan durkheim bahwa masalah pokok sosiologi yang terpenting adalah mempelajari fakta-fakta social. Durkheim membeyangkan fakta social sebagai kekuatan (force), dan struktur yang bersifat eksternal dan memaksa individu, misalnya hokum yang melembaga dan keyakinan moral bersama.
 Durkheim memebedakan antara dua tipe fakta social, yakni fakta social yang bersifat nonmaterial (misalnya kultur dan institusi social) dan fakta social yang bersifat material (misalnya birokrasi dan hukum).
 Dalam pandangan durkheim masyarkat primitif di persatukan oleh terutama fakta social yang bersifat nonmaterial, khususnya oleh kuatnya ikatan moralitas bersama atau yang disebutnya sebagai kesadaran kolektif. Sedangkan dalam masyarakat modern, kekuatan kesadaran kolektif itu telah menurun. Ikatan utama dalam masyarakat modern adalah pembagian kerja yang ruwet, yang mengikat orang yang satu dengan orang yang lainnya dalam hubungan saling tergantung. Durkheim mengaggap bahwa solidaritas yang terbentuk dalam masyarakat primitive atau tradisional adalah solidaritas mekanik. Sedangkan dalam masyarakat modern, solidaritas tersebut telah mengalami perubahan, yakni dari solidaritas mekanik menjadi solidaritas organis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar